oleh

Ketua BPP-PKN Kepnis Perwakilan Nisel: Kenapa Papua Bisa dan Kenapa Kepulauan Nias Tidak Bisa?

NISUT-SUMUT| wartaposgroup.co.id Ketua Perwakilan BPP-PKN Kabupaten Nias Selatan sampaikan beberapa rumusan perjuangan pemekaran Kepulauan Nias di Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkada).

Hal itu berlangsung di Pendopo Bupati Nias Utara, Senin, 09/03/2020. turut di dampingi Ketua Koordinator Forkada Kepulauan Nias yang baru, M. Ingati Nazara, Wali Kota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua, Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely.

Sidiadil Harita,S.Sos.,M.A sebagai Ketua Perwakilan BPP-PKN Nisel mengungkapkan kepada Awak Media, Perjuangan Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias (Kepnis) kotaselama ini tidak ada hambatan apalagi dengan adanya pernyataan beberapa Kepala Daerah Se-kepulauan Nias yang mendukung penuh pemekaran itu.

“Ada pertanyaan selama ini dimana sepertinya tidak akan mungkin Kepulauan Nias menjadi Provinsi. Kenapa demikian, karena kita diperhadapkan dengan moratorium.  sekali lagi saya katakan bahwa ada  jalur khusus tentang itu sebagaimana tertuang dalam Pasal 49 Nomor 23 Tahun 2014, dimana ada 3 hal syarat utama kita Kepulauan Nias ini sama dengan Papua yakni sebagai Daerah Kepulauan, Lalu kemudian, sebagai daerah perbatasan serta sebagai daerah ketahanan nasional. Artinya dalam hal ini, kenapa Papua bisa dan kenapa Kepulauan Nias tidak bisa. Padahal, Kepulauan Nias sama-sama posisinya dengan Papua.

Dia berharap kepada seluruh Kepala Daerah dan elemen masyarakat Kepulauan Nias dapat bersatu padu untuk menjadikan Kepulauan Nias menjadi sebuah Provinsi ke depan.,”ucap Sidi Adil.

“Sudah kita sampaikan kepada bapak-bapak Kepala Daerah kegiatan yang akan dilaksanakan, yang rencananya di Teluk Dalam. yaitu seminar pemantapan wawasan kebangsaan untuk pembentukan Provinsi Kepulauan Nias. Ada kita sebutkan beberapa orang narasumber dan beberapa Menteri.  harapan kita, ini bisa terwujud kalau bapak-bapak Kepala Daerah kita bersatu.,”pungkasnya.

Ia menambahkan, beberapa Kepala Daerah sudah menyatakan siap bahwa mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh BPP-PKN khususnya Perwakilan Kabupaten Nias Selatan.,”tandasnya Sidiadil.

“Kalau ini sudah menjadi sebuah Provinsi maka dipastikan akan ada peningkatan ekonomi masyarakat dan  para ASN juga yang akan menikmati pertama-tama, lalu, dimana secara otomatis dijadikan sebagai generasi-generasi yang akan bekerja di Pemerintahan Provinsi Kepulauan Nias.

Menanggapi hal tersebut Ketua Forkada M.Ingati Nazara mengatakan bahwa, apa yang telah disampaikan oleh ketua BPP-PKN Perwakilan Nias Selatan, jelas kita terima dan kita respon hal itu.

“Apa yang sudah disampaikan oleh Ketua Badan Persiapan Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias Perwakilan Nias Selatan tadi, sudah kita terima dan kita telah merespon.

Ia menjelaskan bahwa, Pemekaran Kepulauan Nias merupakan bagian yang pertama kali akan dibicarakan dalam rapat Forum Kepala Daerah dua minggu ke depan.,”ucap Ketua Forkada itu.

Pihaknya juga menekankan bahwa pentingnya persatuan dalam mewujudkan Provinsi Kepulauan Nias. “Sampai saat ini, saya melihat tidak ada hambatan. Jadi, kalau kita bersatu pasti tidak ada hambatan.(Suasana H.)

Ket Foto; Ketua BPP-PKN Perwakilan Nisel saat wawancara di Pendopo Bupati Nias Utara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed