oleh

Dinas Pertanian dan BRI Cabang Telukdalam Adakan Sosialisasi Tentang Kartu Tani dan KUR di 2 Desa

NISEL-SUMUT|wartaposgroup.co.id Sosialisasi tentang Kartu Tani dan Kredit Usaha Rakyat di Desa Sisobambowo dan Desa Bagoa, Berlangsung di Kantor Kepala Desa Sisobambowo Kecamatan Aramo, Rabu, (15/07/2020).

Anggota DPRD dari Fraksi Garuda, Restuman Ndruru, menyampaikan pada sambutannya bahwa, kami sangat apresiasi tentang sosialisasi ini baik dibidang sektor pertanian maupun dibidang pembangunan, sehingga kerja keras pemerintah daerah bagaimana menuntaskan kemiskinan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat disektor pertanian, bebernya.

Lanjut, ia juga mengatakan bahwa perhatian pemerintah Kabupaten Nias Selatan untuk wilayah Kecamatan Aramo khususnya didesa sisobambowo dan desa bagoa, begitu sangat luar biasa khusus disektor pertanian, dan mengharapkan kepada kadis pertanian agar kedepan dilanjutkan dan selalu mendampingin semua program-program pemerintah baik dari pusat maupun kedaerah, ujarnya.

Ia juga mengharapkan kepada masyarakat agar selalu mendukung program pemerintah, baik sektor pertanian maupun dibidang pembangunan, jangan nanti ada pembangunan baru banyak masalah lahan kalau boleh bangun kerjasama yang baik dalam desa kalian masing-masing, tutupnya.

Kadis Pertanian, Ir. Norododo Sarumaha, MM, mengatakan bahwa, sangat berterima kasih atas apresiasi anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan kepada Pemerintah Daerah Nias Selatan, sehingga pada kesempatan ini juga kami harapkan kepada masyarakat agar lebih sungguh-sungguh mengikuti sosialisasi ini, jelasnya.

Lalu, ia juga paparkan menganai Kartu Tani yang digunakan kelompok tani untuk meringankan beban para petani dari harga pupuk subsidi, sehingga  masyarakat diwajibkan membentuk kelompok Tani dalam bentuk proposal, ujarnya.

Disamping itu, Ia berharap kepada kelompok tani agar segera membuka rekening ke Bank BNI sehingga melalui bank nantinya dikirim dan wajib sudah terdaftar diaplikasi nama kelompok Tani tersebut.,”ujarnya.

“Harga pupuk urea sebesar Rp. 90.000 ribu tidak boleh lebih kecuali penjual pengecer, dan harapannya juga kepada masyarakat agar ada kerja sama untuk bercocok tanam sawah, sehingga mengurangi pengaruh hama pada tanaman, tutupnya.

Pegawai BRI Telukdalam, Hepi Harefa, menjelaskan bahwa Kredit Usaha Rakyat (KUR), untuk membantu masyarakat dalam membuka usaha, baik usaha pertanian maupun usaha perdagangan, sehingga ada beberapa kriteria usaha yang bisa dikreditkan kepada masyarakat yaitu, surat kepemilikan lahan, surat keterangan usaha dan KTP atau KK, jelasnya.

Ia juga jelaskan tahapan pembayaran kredit untuk usaha pertanian kerena ada panen 4 bulan sampai 5 bulan sehingga bisa dibayarkan sampai 6 enam bulan, dan bungan kredit tetap 6 persen perbulan, bebernya.

Kades Sisobambowo, Bahatimbowo Buulolo, disampaikan bahwa sangat berterima kasih kepada kadis pertanian, pegawai BRI dan anggota DPRD Kab. Nias Selatan, atas perhatian dan himbauan kepada kami masyarakat desa sisobambowo dan bagoa untuk membuka mata kami dalam bertani dan usaha, bebernya.

Lanjut, ia sangat mengharapkan kepada semua masyarakat agar sosialisasi ini dapat kita ikuti bersama sampai berkhirnya nanti sosialisasi ini, tutupnya..

pada kesempatan itu juga turut hadir, Kasubag BUMD Kab. Nisel, Rawati Sarumaha, Kabid PSP, Parlin Sarumaha, S.Hut.,Msi, Kades Sisobambowo, Bahatimbowo Buulolo, Kades Bagoa, Talizanaha Buulolo, Tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda, dan tokoh Perempuan, BPD, Perangkat Desa. (April Ndr).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed