oleh

Dinas PMD Nisel Laksanakan Bimtek Panitia Pilkades

Foto Nara Sumber Gayus Duha

NISEL-SUMUT|wartaposgroup.co.id Dinas PMD nias selatan laksanakan Bimtek panitia pilkades di berbagai tempat, se-kabupaten nias selatan, masing-masing panitia pilkades 3 orang, terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) kegiatan berlangsung mulai Rabu-Sabtu 24-25 dan 26-27 juli 2019. sesuai jadwal yang telah di tetapkan.

“Bupati Nias Selatan melalui asisten bidang pemerintahan Gayus Duha, S.Pd.SD sekaligus sebagai narasumber kegiatan Bimtek di Hotel Hernelis, menyampaikan. Jadilah panitia yang ber KTP disurga, dan jangan melihat karena dia siapa “intinya, panitia pilkades jangan membuat kesan yang tidak baik kepada peserta calon kepala desa, sebab kita satu desa dan setelah selesai pemilihan kepala desa, tetap kita akan jumpa. ia berpesan, bila ada kekurangan pada berkas bakal calon, berikan solusi.,”pungkasnya gayus.

Panitia pilkades wajib melaksanakan tahapan pelaksanaan pilkades, dimulai dari pendataan pemilih dan menetapkan daftar jumlah pemilih, kemudian membuka pendaftaran pada tanggal 11-19 agustus, selanjutnya panitia pilkades memverifikasi berkas bakal calon di mulai 20 agustus sampai dengan 02 september 2019. kemudian pengumuman penetapan calon kepala desa tanggal 03-05 september selanjutnya penetapan nomor urut peserta calon kepala desa. lalu panitia pilkades dapat membuat jadwal kampenye tetapi pelaksanaan kegiatan kampanye tersebut, 3 hari sebelum hari h atau sebelum pemilihan, “masa jabatan panitia pilkades 6 bulan”tutur gayus

Pelaksanaan kegiatan Bimtek gelombang pertama tersebut, telah di bagi tempat. yakni, kecamatan telukdalam, onolalu, toma, dan mazino lokasi di Hotel Hernelis. dan, kecamatan luahagunde, gomo, somambawa lokasinya di Hotel Keitaro telukdalam.,”kemudian kecamatan Fanayama, Siduaori, Idanotae, Lahusa. lokasi Bimtek Hotel Yonas dan tempat penginapan juga di hotel Yonas.

“Bimtek tersebut bertujuan, untuk memaparkan tatacara pelaksanaan pilkades yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, berbagai materi yang di sampaikan dalam pertemuan itu. antara lain pemaparan tugas dan fungsi panitia pemilihan kepala desa (pilkades) dan tatacara pelaksanaan pemungutan suara, kemudian penanganan masalah pada saat pemilihan kepala desa, guna mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan pilkades di desa masing-masing.

Selanin dari itu, ketika di pertanyakan peserta Bimtek terkait honor panitia pilkades, belum dapat di pastikan”hukunasokhi lase menjawab bahwa, honor panitia pilkades antara 350 ribu rupiah dan paling besar 400 ribu rupiah, masa jabatan panitia pilkades 4 bulan dan paling lama 6 bulan.,”benernya

Sementara itu, penginapan masing-masing panitia pilkades, juga telah di sediakan. yakni Hotel Keitaro, Yonas, Hernelis, Adifa, Sumaren, Humaga. di sediakan oleh panitia kabupaten, hal ini sesuai data yang tertera di dalam surat undangan dari kantor camat toma, termasuk gelombang pertama. “satu desa 1 kamar dengan kapasitas 3 orang, di tambah transportasi selama 2 hari 50Rb satu orang.

Selanjutnya gelombang ke-2 di mulai kamis, 25-26 juli yakni, kecamatan Mazo, Susua, Boronadu, Umbunasi, Ulususua, Uluidanotae, Lolomatua, Hilimegai, Ulunoyo, Huruna, Onohazumba, Hilisalawa’ahe.

Diteruskan pada gelombang ke-3 yang dimulai jumat, 26-27 juli kecamatan Hilisalawa’ahe, Amandaya, Aramo, Pulau Pulau Batu, Pulau Pulau Batu Utara, Pulau Pulau Batu Timur, Pulau Pulau Batu Barat, Hibala, Tanahmasa, Simuk.(Suasana H.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed