oleh

Dinkes Nisel Kebut Pembagunan Puskesmas dengan Fasilitas Lengkap

NISEL-SUMUT|wartaposgroup.co.id Pembangunan Puskesmas berfasilitas lengkap di nias selatan mulai di kerjakan tahun ini, salah satu Puskesmas Hilisataro Kecamatan Toma, Puskesmas Amandaya dan di ke camatan mazino, Puskesmas Hilizalootano. saat ini sedang dalam proses pelelangan. terungkap saat dikonfirmasi Kadis Dinkes di ruang kerjanya, senin 24/06/2019.

“Kadis Kesehatan Megawati You, SKM, MPH saat di konfirmasi di kantornya, menyampaikan kepada sejumlah awak media. tahun ini ada tiga (3) Puskesmas yang sedang di kerjakan, ada juga yang sedang dalam tahapan proses pelelangan. dimana sumber dananya dari Afirmasi/Presiden.

Ia menjelaskan. bahwa ke tiga Puskesmas tersebut, ada yang sudah di mulai pekerjaan-nya, contoh Puskesmas Hilisataro dan Puskesmas Amandaya, sedangkan Puskesmas Hilizalo’otano saat ini dalam proses pelelangan.,”tuturnya.

Untuk ketiga Puskesmas ini, anggaran Puskesmas Hilisataro Kecamatan Toma Nilai Kontrak Rp, 6’4 Miliar Rupiah, untuk Puskesmas Amandaya Nilai Kontraknya Rp, 5’4 Miliar Rupiah dan sedangkan Puskesmas Hilizalootano Kecamatan Mazino jumlah pagudananya senilai 6’9 miliar dimana saat ini masih dalam proses pelelangan di dinkes nisel, dan itu belum termasuk alkes lainnya.,”pungkasnya

Sedangkan Progres Puskesmas Hilisataro saat ini telah mencapai pemasangan tulang besi untuk tiang. dan Progres Puskesmas Amandaya dalam pengerjaan pemasangan pondasi dan juga besi tiang.

“Masing-masing Puskesmas ini nantinya, ada rumah dinas dokter dan rumah dinas perawat, dan fasilitas lainnya, seperti pada pemberitakan sebelum-nya. yaitu. “Mulai Rumah Dinas Dokter, Ruang Rawat inap, Ruang Persalinan, sejumlah Ruangan lain dan Pagar setiap Puskesmas, Karena di rencanakan akan di tingkatkan dari Puskesmas Perawatan menjadi Puskesmas Rawat inap nantinya. sehingga membutukan lahan 50 meterx100 meter.

Dia juga mengatakan bahwa, dalam  pengerjaan ketiga proyek puskesmas itu, menjelaskan bahwa, pihaknya melibatkan langsung TP4D dalam hal ini pihak Jaksa Nisel, untuk mengawasi proses pelaksanaan pekerjaan tersebut.,”ungkapnya

Tidak hanya itu, Puskesmas Keliling (PUSLING) 1 unit dengan pagu dana 2 Miliar Rupiah yang bersumber dari dana DAK TA. 2019, saat ini dalam proses pelelangan.

Ditambah lagi dengan prasarana air bersih RSUD Lukas Hilisimaetano, dan seperti pembangunan IPAL, fasilitas lain, Genset setiap Puskesmas 1 unit, Alat tes Narkoba, semua anggaran ini telah tersedia yang bersumber dari dana DAK TA. 2019.

Sembari ia berharap kepada warga setempat, untuk mendukung pekerjaan ini, agar lancar dan cepat siap, ahirnya dapat dinikmati hasilnya.,”pintanya megawati you. (Suasana H.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed