oleh

DISDUKCAPIL PAKPAK BHARAT MENGANTARKAN “KIA” KARTU IDENTITAS ANAK KE SEKOLAH – SEKOLAH

Sesuai dengan Permendagri Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA) Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara telah mendapat otoritas utuk menerbitkan  dokumen untuk anak 0 sampai 17 tahun kurang 1 (satu) hari . Hal ini didasarkan kepada keputusan Mentri Dalam negeri nomor 471.13/13_234/capil tanggal 07 Desember 2016 tentang penetapan Kabupaten/Kota sebagai Pelaksana Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) Tahun 2017. Hal ini merupakan salah satu capaian yg baik dari total kepemilikan akta lahir anak 0 sampai 18 tahun telah mencapai lebih dari target Nasional yang tentukan Pemerintah pusat.

 

Oleh dasar tersebut, Kabupaten Pakpak Bharat terus berupaya keras  agar penduduk yang berusia 0 – 17 tahun kurang 1 (satu) hari memilki KIA,  upaya percepatan ini dilakukan dengan mendatangi sekolah sekolah dan melakukan sosialisasi dan melakukan proses foto anak didik dan mengumpulkan syarat-syaratnya dan melakukan pencetakan kartu identitas anak tersebut.

Pada hari Rabu tanggal 12 Juni 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dipimpin oleh Bpk. Petrus Saragih, SE ,MM yang diwakilkan oleh Kasi Pendaftaran Penduduk , Kasi Pendokumentasian Kependudukan, Kasi Pencatatan Sipil berserta beberapa staff menyerahkan Kartu Identitas Anak ( KIA) di beberapa sekolah yaitu MIN Sukaramai, MIS Sukaramai, MIS Tanjung Rahu.

Manfaat KIA sesuai Permendagri diatas adalah antara lain,

1.Menunjukkan adanya identitas anak yang sesungguhnya sehingga dapat mengurang terjadinya perdagangan anak;

2.Untuk keperluan keimigrasian;

3.Untuk melakukan pembukaaan rekening bank.misalnya di Pakpak Bharat telah lakukan pembukaan rekening anak didik dengan kartu ini

4.Untuk mendaftar masuk sekolah dan untuk pelayanan publik lainnya.

Ayo urus KIA anak kita, ada dua kategori yakni:

1.Untuk 0 sampai usia dibawah 5 tahun tidak pakai poto

2.Untuk usia 5 sampai 17 tahun kurang 1 (satu) hari  pakai poto.

Ayo urus segera tidak dipungut biaya ( GRATISSSS………..)

Dan kami Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil siap melayani dengan sepenuh hati.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed