oleh

Hasil Kelompok Tani Umbu Baru Naik 100 Persen

NISEL-SUMUT|wartaposgroup.co.id Kelompok tani umbusohahau bersama bupati nias selatan (Nisel) Hilarius Duha, difasilitasi dinas pertanian panen Raya padi sawah, meningkat hingga 100% hasil panen kelompok tersebut. jumat, 02/08/2019.

Pada kesempatan itu turut hadir Buapti Nisel, Asisten Administrasi Umum, Kadis Pertanian, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Sosial, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Camat Telukdalam, Kepala desa nanowa Donisius Luaha, BPS dan anggota kelompok Umbu Baru.Taraziduhu Zagoto koordinator PPL Kecamatan Telukdalam.

“Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha,SH.,MH saat wawancara sejumlah awak media di area persawahan itu, mengungkapkan bahwa ada sekitar 210 Hektar lahan sawah dibawah pembinaan dinas pertanian, saat ini mengalami peningkatan hasil panen hingga mencapai 100 persen.

Kembali ia menjelaskan bahwa, dalam satu hektar dapat menghasilkan rata-rata  6,5 ton per hektar. sebelumnya hasil panen kelompok tani tersebut hanya mencapai 3,5 perhektar setiap kali panen.

Sehingga hitungan keseluruhan di nisel ada sekitar 210 hektar, dan diarea ini kita bantu sekitar 105 hektar, sementara hari ini kita panen di lahan 1 hektar menghasilkan 6,5 ton. padahal sebelumnya menurut pemilik lahan hasilnya hanya mencapai 3 ton saja, yang artinya ada peningkatan mencapai hingga 100%.,”tutur Hilarius kepada sejumlah wartawan di lokasi.

Dan capaian peningkatan itu, terjadi karena penggunaan bibit unggul, kemudian cara pemupukan yang tepat dan benar, sesuai dengan standar, juga pada dasarnya disertai dengan pengobatan yang rutinitas, pembiayan pupuk 1 juta per hektar .,”pungkasnya Hilarius kepada sejumlah awak media.

Dan menurutnya capaian itu, masih belum dapat memenuhi kebutuhan pangan di nisel, maka pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan produktifitas padi ini. “kebutuhan pangan kita masih jauh, dan target kita terus  melakukan pembinaan terhadap petani kita, minimal terus ada kenaikan hasil panen, agar dapat menutupi kebutuhan kita”.pungkasnya Hilarius.

Selanjutnya ketua kelompok Umbu Baru saat wawancara di lokasi panen raya, sangat mengapresiasi atas atensi pemerintah daerah, untuk peningkatan hasil panen padi sawah di nisel.

Atasnama kelompok tani Umbu Baru, kami mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah daerah terhadap peningkatan mutu padi di nisel, dan kami berharap terus berkesinambungan kegiatan ini dilakukan, untuk dapat memenuhi kebutuhan padi di nisel.,”tutur Bahazanolo Lature Tani.(Suasana H.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed