oleh

Kesigapan Warga Setempat Berhasil Gagalkan Amukan Sijago Merah

Foto Kades Hilisataro Raya Hekinus Maduwu

NISEL-SUMUT|wartaposgroup.co.id Salah satu rumah warga dilalap sijago merah di Desa Hilisataro Raya Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan, tepatnya di pinggir jalan Nasional dekat Jembatan Gewa atas nama Faduhusa Duha, kejadian pada minggu, (07/07/2019) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Informasi yang dihimpun media di lokasi, api sempat menjalar dan membesar ke bagian atap rumah korban, hingga menghanguskan sebagaian atap rumah korban yang beratap rumbia tersebut. “beruntung, berkat kesigapan ratusan warga, kebakaran tersebut berhasil jinakan, sehingga api tidak merembes ke rumah penduduk lain.

Dari informasi warga sekitar, pemilik rumah saat kejadian tidak berada dirumah tersebut. dan beruntung dalam akibat peristiwa itu juga tidak ada korban jiwa, sedangkan jumlah kerugian belum dapat di pastikan atau belum diketahui.

Sementara itu, pantauan sejumlah wartawan di lokasi, ratusan warga turut memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya dan bahkan sejumlah warga naik ke atas rumah, untuk berupaya agar api tak membesar. juga rumah yang terbakar dengan sengaja merusak atap rumah korban agar api tidak merembes ke rumah warga lain.

Sejumlah warga juga bahu membahu untuk memadamkan kobaran api dengan cara menyiram air dan dengan menggunakan alat lainnya. hingga diperkirakan kurang lebih setengah jam, api berhasil dipadamkan oleh warga.

“Pj. Kepala Desa Hilisataro Raya Hekinus Maduwu kepada media, Selasa, 09/07/2019 membenarkan peristiwa kebakaran tersebut.
“Ya benar pada Minggu, 07/07/2019 malam sekitar pukul 21.00 WIB telah terjadi kebakaran rumah milik Faduhusa Duha, yang merupakan warga saya. api sempat melalap atap rumah korban namun berkat kesigapan warga, api berhasil dipadamkan warga,”tidurnya.

Menurutnya, api diduga berasal dari dapur korban dan selanjutnya terkait kejadian ini, tidak menimbulkan korban jiwa. Sedangkan kerugian dari akibat kebakaran itu belum diketahui.
“Atas peristiwa ini, hari ini saya akan memberitahukan secara tertulis kepada pihak BPBD Nias Selatan supaya ada Perhatian dari Pemerintah Daerah Nisel melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah,”ujarnya sambil mengahiri.(Suasana H.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed