oleh

Pembangunan Penataan Pantai Sorake Dimulai

NISEL-SUMUT|wartaposgroup.co.id Salah satu destinasi wisata di kabupaten  nias selatan yang di kenal pantai sorake yang sudah tersohor di penjuru dunia, saat ini mulai ditata kembali, nilai kontrak Rp. 1,9 miliar kurang lebih, yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) tahun anggaran 2019 pada dinas PUPR nisel.

“Dari pantauan sejumlah media di lapangan kamis, 15/08/2019, pihak rekanan dari CV Mitra Setia sedang melakukan pengecoran dasar. dimulai pada jumat lalu, menggunakan angkur dari besi 16mil. selain itu, proses pemasangan riol  dari semen kini sepanjang  kurang lebih 30 meter telah dikerjakan starnya dari hotel kabu nohi.

Terdapat dalam papan proyek yang tertera nilai kontrak sebesar Rp.1.997.032.804, pelaksana pekerjaan dari CV Mitra Setia, dan konsultan pengawas CV. Polo Consultant dengan masa pelaksanaan 120 hari kalender.

Keterangan rekanan yang enggan ditulis namanya ia menjelaskan bahwa, ukuran angkur besi yang dipasang pada pengecoran dasar berukuran 16 mil dan ukuran diameter riol 60 Cm kemudian tinggi 60 Cm.

Lalu dia mengatakan, volume pekerjaan panjangnya 151 meter, yang akan dikerjakakan termasuk TPT, penimbunan dan pemecah ombak. dia juga menjelaskan bahwa ada juga pembangunan jalan setapak, sedangkan bahan material yang dipakai untuk itu yakni material batu alam, dan untuk timbunan menggunakan pasir urug.
“tak hanya itu, juga masih ada lagi item pekerjaan lain, sesuai dalam kontrak, salah satunya pemasangan lampu sorot, dan pemasangan pot bunga,”bebernya.

Selanjutnya di tanya mengenai kepastian percepatan pekerjaan tersebut, dia tidak dapat memastikan finishing. pekerjaan tidak mungkin tuntas dan bisa dimanfaatkan pada perhelatan Sail Nias pada bulan september mendatang, penyebabnya adalah karena ada beberapa faktor kendala yaitu, “faktor cuaca dan air laut yang sering pasang di lokasi pekerjaan. walau demikian, pihak Kontraktor akan berusaha semaksimal mungkin supaya progres pekerjaan terus meningkat dan hasilnya juga maksimal.

“Bila saja cuaca bagus dan air laut tidak pasang diwaktu jam kerja, maka pekerjaannya dipastikan cepat selesai. tetapi ini sangat tidak mungkin, sebab jika air laut naik pasang, jelas tidak bisa dikerjakan pengecoran, di tambah lagi bila terjadi hujan, seperti hari ini. maka, kendalanya ialah karena ke dua hal itu di atas, kalau soal bahan material itu sudah tersedia,”ujarnya.(Suasana H.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed