oleh

Pembangunan SUTT Di Wilayah Nias Tak Berpengaruh Buktinya, Listrik Hampir Setiap Hari Padam di Nisel

NISEL-SUMUT|wartaposgroup.co.id selasa, 02/06/2019 Baru-baru ini hampir setiap hari listrik padam di Kabupaten Nias Selatan hingga para pelanggan sangat resah dan merasa dirugikan.
dengan kondisi listrik yang nyaris setiap hari padam tersebut, para pelanggan mempertanyakan kinerja pihak PLN Area Nias.

Pemadaman terparah terjadi  antara hari Sabtu, 29/6/2019 malam mulai dari pukul 00.00 WIB hingga Minggu, 30/6/2019 pagi khususnya di Area Toma, Mazino dan beberapa area lain dimana ada sekitar 4-5 kali terjadi pemadaman. Selanjutnya, pemadaman kembali terjadi di area tersebut pada minggu, 30/6/2019 sore sekitar pukul 15.30 WIB dan kembali hidup sekitar pukul 17.00 WIB.

Sejumlah warga Toma diantaranya Sadari Halawa, Sabar Duha, Disco Gowasa, Riswan Gowasa kepada wartawan, Senin, 01/07/2019 menyampaikan betapa kesal dan kecewa, atas sering padamnya listrik selama seminggu terakhir. pada dasarnya, mereka juga mempertanyakan kinerja PLN Area Nias, terkait kondisi listrik yang sering padam akhir-akhir ini.

Padahal kondisi daya listrik di Kepulauan Nias saat ini, dudah jauh lebih baik pada sebelum-nya. “surplus dengan adanya pembangunan SUTT dengan kapasitas daya 70 KVA dari Idanoi Gunungsitoli -Telukdalam. Meski daya surplus, namun tidak membuat kondisi listrik di Area Nias normal.

Anehnya lagi, informasi dari berbagai kalangan masyarakat, “pembangunan SUTT telah selesai terpasang dan telah di aktifkan, “tetapi kok semakin parah,,?  “begitu perbincangan di salah seorang ibu rumah tangga.

“Kita mempertanyakan kinerja PLN terkait sering padamnya listrik di Area Nias Selatan akhir-akhir ini. sangat aneh kalau pihak PLN menyampaikan alasan padamnya listrik akibat gangguan dan cuaca. logikanya, masa hampir tiap hari listrik padam dengan alasan karena gangguan atau cuaca buruk. Ini tidak masuk akal. Kalau  gangguan atau cuaca buruk yang menyebabkan sering padamnya  listrik, seharusnya pihak PLN Area Nias mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut,”tutur mereka.

Mereka juga menambahkan bahwa, akibat sering padamnya listrik. membuat alat-alat rumah tangga dan elektronik milik pelanggan seperti kulkas, TV dan bahkan bola lampu ikut rusak. selain dari itu, para pelaku usaha juga turut dirugikan.

“Kita sangat dirugikan jika kondisi listrik di  area Nias Selatan terus padam dan bila hal ini  terus berlanjut, maka kami akan melaporkan hal ini ke pihak penegak hukum ,”tegas mereka.

Karena menurut mereka, sesuai hak-hak konsumen., tentang hak pelanggan Konsumen, sudah diatur dalam UU Nomor 30 Tahun 2009  tentang ketenaga listrikan. “hak konsumen dimaksud pada UU tersebut, pada pasal 29 yakni huruf  a. konsumen mendapat pelayanan yang baik, b. mendapat tenaga listrik secara terus menerus dengan mutu dan keandalan yang baik, c. memperoleh tenaga listrik yang menjadi haknya dengan harga yang wajar. d. mendapat pelayanan untuk perbaikan apabila ada gangguan tenaga listrik dan e. mendapat ganti rugi apabila terjadi pemadaman yang diakibatkan kesalahan dan/ atau kelalaian pengoperasian oleh pemegang izin usaha, penyediaan tenaga listrik sesuai syarat yang diatur dalam perjanjian jual beli tenaga listrik.

Manager PLN Rayon Telukdalam Jadiman Hutapea saat dikonfirmasi terkait ini, lewat pesan Whatsapp, Minggu, 30/06/2019 menjawab pertanyaan salah seorang wartawan belum lama ini, “katanya.,masih dalam tahap penormalan karena ada gangguan di sistem.
Lalu, saat ditanya kapan bisa normal listrik di Area Nias Selatan, ia menjawab, pihaknya sedang mengupayakan perbaikannya.(Suasana H.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed