oleh

Pemda Nisel Wujudkan Pembangunan Infrastruktur, Jalan Bonia-Aramo, Gomo-Mazo

NISEL-SUMUT|senin,25/06/2019.wartaposgroup.co.id Sesuai Visi-misi Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Pemkab Nisel) dibawah kepemimpinan Bupati Hilarius Duha dan Wakil Bupati Sozanolo Nduru, membangun berbagai  infrastruktur di Wilayah Nias Selatan, secara bertahap terus dikebut, muaranya demi peningkatan ekonomi masyarakat.

Lanjutan pemberitaan sebelumnya, peningkatan, pembangunan dan rehabilitasi jalan lain di sejumlah wilayah Kabupaten Nias Selatan, yang akan dibangun tahun ini,” yakni peningkatan Jalan dari Bonia menuju Ibukota Kecamatan Aramo yang bersumber dari dana DAK TA.2019 dengan pagu dana sebesar Rp. 4 Miliar, kemudian pembangunan Jalan dari Kantor Camat Amandraya menuju lapangan upacara yang bersumber dari DBH TA.2019 Rp. 200 juta.

Dimana juga sebelumnya telah di beritakan ke Publik, tentang puluhan paket pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, semenisasi dan termasuk penataan kota Telukdalam yang tahun ini akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah Nisel. melalui Dinas PUPR yang mana anggarannya sudah tersedia dari Dana Alokasi Khusus (DAK) TA.2019, Dana Bagi Hasil (DBH) TA.2019 dan dari Dana Alokasi Umum (DAU) TA.2019.

Selanjutnya, peningkatan jalan Gomo menuju Mazo dari DAK TA.2019 Rp. 4 Miliar, pengaspalan jalan di dekat Oprit Jembatan Gomo menuju pekan Gomo sumbernya dari DBH Rp. 200 juta, pengaspalan jalan dari jalan nasional menuju Ehosofayo-Hilinamozaua sumbernya dari DBH TA.2019 Rp. 5 Miliar, lanjutan pengaspalan jalan di Desa Hiliamuri Kecamatan Telukdalam dari DBH Rp. 2 Miliar pelaksanaan-nya tahun ini.

Berikutnya, peningkatan Jalan RSUD Lukas dari DAK TA.2019 Rp. 3 Miliar, pembangunan Jalan dari Desa Faomasi menuju Desa Hiliaurifa Kecamatan Maniamolo dari DBH Rp.1 Miliar, pembangunan Jalan dari Desa Orahiligito menuju RSUD Lukas Hilisimaetano dari DBH Rp. 1 Miliar, pembangunan jalan di Hilizoaya Mbowo Desa Lagundri Kecamatan Luahgundre dari DBH TA.2019 Rp.1 Miliar.

Sedangkan paket rehabilitasi Jalan lain yakni, rehabilitasi jalan dari Sorake  menuju Desa Botohilitano dari DBH TA.2019 Rp.750 juta, rehabilitasi jalan dari jalan nasional menuju Desa Bawonahono dari DBH Rp. 500 juta, rehabilitasi jalan menuju Desa Orahili  (daerah Balano) Kecamatan Fanayama dari DBH Rp. 200 juta, rehabilitasi jalan dari jalan nasional menuju Desa Hiliamaetaniha dari DBH Rp. 1,5 Miliar.

Selain itu, nama-nama paket proyek lain yang sudah dianggarkan Dinas PUPR Nisel pada Tahun Anggaran 2019 seperti proyek Irigasi, rehabilitasi dan semenisasi jalan, TPT, Bronjong, pembangunan air bersih di beberapa wilayah Nisel akan di publikasikan secara bertahap tujuannya agar semua masyarakat atau stakeholder di Nisel dapat mengetahuinya sekaligus dapat mengawasi pengerjaan tersebut.(Suasana H.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed