oleh

Pemkab Nisel Melalui Dinkes Bangun 4 Puskesmas dan RSUD Berbiaya 54 Miliar Tahun 2020

NISEL-SUMUT|wartaposgroup.co.id Melalu Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan  Tahun 2020 akan membangun Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) yang berbiaya kurang lebih Rp.54 miliar, Pembangunan 4 Puskesmas yang bersumber dari DAK Afirmasi dan reguler.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Nisel,  Megawati You kepada sejumlah awak Media  di Ruang Media Center DPRD Nisel, Rabu, 20/11/2019 usai melakukan pembahasan R-APBD Tahun Anggaran 2020 bersama Komisi II DPRD Nisel.

Dia menjelaskan bahwa, untuk Tahun 2020, Pemkab Nisel mendapat kucuran Dana dari pusat untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah yang berlokasi di Kecamatan Telukdalam dengan anggaran kurang lebih Rp. 54 miliar.

Selain daripada bantuan pembangunan RSUD, juga ada bantuan pembangunan 4 Puskesmas dari dana pusat dengan rincian yakni, dari dana DAK Afirmasi 3 Puskesmas dan 1 Puskesmas bersumber dari DAK Reguler.,”pungkasnya Megawati You

“Ada tiga Pembangunan Sumber anggaran-Nya dari Afirmasi yang akan di bangun di Kecamatan Somambawa, Kecamatan Gomo dan di Kecamatan Telukdalam. Lalu dari dana reguler akan dibangun di Kecamatan Lolomatua.,”bebernya

Dia juga mengatakan, Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp. 38.276.370.000 dan itu sesuai hasil kesepakatan bersama Komisi II, diperuntukan untuk  pembayaran gaji Pegawai Tidak Tetap Daerah (PTTD) selama 10 bulan sebesar Rp. 12 Milyar, sedangkan untuk Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebesar Rp. 17.500.000.000.,”jelas Megawati You

Sementara itu, dari besaran anggaran yang sudah disepakati, termasuk untuk kegiatan lain yang menyangkut pelayanan, baik tranportasi dalam penjemputan obat maupun kegiatan masyarakat.

Sedangkan untuk pembayaran honor dokter spesialis sebesar Rp. 1 Milyar lebih dimana direncanakan untuk 4 (empat) dokter spesialis.,”ucap Kadinkes

“dokter spesialis penyakit dalam, saat ini ada baru 2(dua)

Pada pembahasan R-APBD juga,  termasuk untuk pembayaran gaji Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di Kantor Dinas Kesehatan Nisel.

Menurut dia lagi, Anggaran tersebut, juga akan di bagi untuk Rumah Sakit, sebab hal itu sesuai Peraturan Pemerintah nomor 72 Tahun 2019, Rumah Sakit itu yang menjadi KPA sendiri.,”tandasnya

Ketua Komisi II DPRD Nisel Asazatulo Giawa yang didampingi Sekretaris DPRD Kabupaten Nias Selatan, Firman Giawa mengungkapkan kepada sejumlah awak Media, dari Rp 38 miliar lebih anggaran Dinas Kesehatan yang sudah disepakati pada R-APBD Tahun 2020, juga terdapat beberapa Program salah satunya, Program upaya kesehatan masyarakat, Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan masyarakat, Perbaikan gizi masyarakat, Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular.

Sementara itu, Pada Tahun 2020 Kabupaten Nias Selatan mendapat Bantuan dari DAK non fisik sebesar Rp.34 Milyar dana DAK fisik sebesar Rp.113 miliar.

Lalu, Skalarisasi pelayanan kesehatan, pengadaan peningkatan sarana dan prasarana Rumah Sakit, seperti, Rumah Sakit Jiwa, Rumah Sakit paru-paru dan Rumah Sakit mata dan Program Jaminan Kesehatan Nasional dengan total anggaran Rp. 30.832.760.000.-, sambil mengahiri.(Suasana H.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed