oleh

Pemkab Nisel: Semenisasi Jalan Tanah Masa menuju Saeru Tahun Ini

Foto Kadis PUPR Nisel Erwinus Laia

NISEL-SUMUT|senin,24/06/2019. wartaposgroup.co.id Pemkab Nias Selatan melalui Dinas PUPR akan membangun semenisasi jalan dari Tanah Masa menuju Saeru Kecamatan Tanah Masa Kabupaten Nias Selatan pada tahun ini.

Hal itu diketahui dari data nama-nama paket proyek Dinas PUPR Nisel Tahun Anggaran 2019 yang dibagikan kepada wartawan baru-baru ini, termasuk di dalamnya pembangunan semenisasi jalan tersebut dimana dananya bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) TA.2019 dengan pagu dana sebesar Rp. 800 juta.

Selain dari itu, ada juga paket semenisasi jalan di Desa Tebolo Kecamatan Hibala yang sumber dari DBH TA.2019 dengan pagu dana sebesar Rp. 750 juta, kemudian juga rehabilitasi jalan di Pasar Kecamatan Pulau Tello sumber anggaran dari DBH TA.2019 dengan pagu dana Rp. 800 juta.

Selain dari Daerah Kepulauan, semenisasi jalan juga dilakukan di beberapa jalan di wilayah daratan Nias Selatan yakni, semenisasi jalan dari Desa Hilinamozau menuju Desa Hilifalago bersumber dari DBH TA.2019 dengan pagu dana Rp. 2,5 Miliar.

Lalu, semenisasi jalan dari jalan nasional menuju pantai Lagundri (menuju Donna) dari DBH TA.2019, pagu dana Rp.100 juta, semebisa di jalan dari Pekan Sofaoroasi menuju UPT Puskesmas Huruna dari DBH TA.2019, pagu dana Rp. 200 juta.

Selain semenisasi, Pemkab Nisel melalui Dinas PUPR, juga tahun ini telah menganggarkan pengadaan pembangunan sarana air bersih beserta jaringan dan perpipaanya di sejumlah wilayah di Kabupaten Nisel, yakni pengadaan sarana air bersih di Ibukota Kecamatan Lolowau. dari DAK TA.2019 pagu dana Rp. 1,5 Miliar, pembangunan saluran air bersih RSUD Lukas Hilisimaetano dari DAU pagu dana Rp.100 juta, pembangunan sarana air bersih di Desa Hilifadolo Kecamatan Amandraya dari DAU pagu dana Rp. 300 juta, pembangunan sarana air bersih di Desa Olayama Kecamatan Huruna dari DAU TA.2019 pagu dana Rp.200 juta.

Berikutnya, pembangunan SPAM jaringan perpipaan Broncaptering kapasitas 2 liter/detik di Desa Tuindrao Kecamatan Amandraya Kabupaten Nias Selatan dari DAK TA.2019 pagu dana Rp. 877 juta.

Kemudian,  pembangunan SPAM jaringan perpipaan Broncaptering kapasitas 2 liter/detik di Desa Hilisondrekha dan Desa Hilitobara Kecamatan Telukdalam dari DAK TA.2019 pagu dana Rp 1,5 Miliar dimana pembangunan air bersih di dua Desa ini juga sudah di publikasikan pada pemberitaan sebelumnya. (tim/suasana h.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed