oleh

Pemkab Nisut Laksanakan Forum Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun 2020

NISUT-UMUT|wartaposgroup.co.id Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Nias Utara Tahun 2020 dengan tema ”Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Pertumbuhan Ekonomi dan Daya Saing Daerah”. Pelaksanaan forum tersebut difasilitas Bappeda Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Bappeda Kabupaten Nias Utara (Jumat, 6 Maret 2020).

Pada laporannya Sekretaris Bappeda Kabupaten Nias Utara (Wealman Zendrato, S.Sos.,MM) meyampaikan bahwa pelaksanaan Forum OPD salah satu tahapan dalam proses penyusunan dokumen RKPD. Forum OPD bertujuan menyelaraskan program kegiatan Perangkat Daerah Kabupaten dengan usulan program kegiatan hasil musrenbang tingkat Kecamatan terhadap Renja Perangkat Daerah.

Mempertajam indikator serta target kinerja dan kegiatan Perangkat Daerah sesuai tugas dan fungsi Perangkat Daerah. Menyelaraskan program kegiatan antar Perangkat Daerah Kabupaten dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah dengan pemerintah pusat.

Melalui sambutannya Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara (Sukanto Waruwu, SE) menyampaikan bahwa lembaga DPRD menyambut baik pelaksanaan Forum Organisasi Perangkat Daerah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dan mengimbau Pemerintah Daerah agar mengakomodir semua pokok-pokok pikiran dari DPRD serta dimasukan dalam pembahasan RKPD.

Ketua DPRD juga berharap kinerja Organisasi Perangkat Daerah harus benar berlandaskan pada kepentingan masyarakat serta target visi misi Pemerintah Daerah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara (Yafeti Nazara, S.Kep, M.Kep, NSpM) menyampaikan bahwa Forum Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Nias Utara, merupakan  forum antar pemangku kepentingan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) serta wahana antar pihak-pihak yang Langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah. Proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021, hendaknya tetap mempedomani Rencana Pembagunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Utara Tahun 2016-2021.

Program kegiatan prioritas yang harus dilaksanakan dan selesaikan pada tahun 2021 yakni mengoptimalkan pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM), penguatan dan Penerapan sistim inovasi daerah (SIDa), peningkatan kualitas sumber daya manusia, penyelesaian pembangunan insfrastruktur jalan yang menghubungkan antara wilayah kecamatan dengan ibu kota kabupaten serta penataan ibu kota kabupaten.

Penyelesaian pembangunan kantor pemerintah, pemberdayaan Koperasi dan UKM untuk mendorong daya saing sektor unggulan, mendorong peningkatan pendapatan asli daerah melalui itensifikasi dan ekstensifikasi PAD, berbagai program kegiatan lain setiap urusan untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Nias Utara. Demikian,(Penulis; D, z.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed