oleh

Pendaftaran Calon PPS di KPUD Nisel di Perpanjang Sampai 3 Hari Kedepan di 31 Kecamatan

NISEL-SUMUT|wartaposgroup.co.id Pendaftaran Calon PPS di (Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Nias Selatan di perpanjang selama tiga hari kedepan 27/02, alasan Panitia menambah waktu pendaftaran itu dilakukan karena masih ada Desa yang belum memenuhi kuota.

Hal itu disampaikan Ketua KPUD Nisel Repa Duha, di halaman Kantor KPU Daerah Kabupaten Nias Selatan Selasa,25/02/2020.

Repa Duha, mengungkapkan kepada Awak Media, Perpanjangan waktu, itu telah diatur di dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2016, PKPU Nomor 13 Tahun 2017 sebagaimana di ubah pada PKPU Nomor 15 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 3 Tahun 2017. Surat KPU RI Nomor 66 Tentang Petunjuk Teknis Perekrutan PPK, PPS, Wajib duakali Kebutuhan, serta Berita Acara KPU Nisel No. 27 Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Perekrutan PPS pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nisel 2020, Jelas Duha.

Ia juga mengakui bahwa ada sekitar 4000 orang yang sudah mendaftarkan diri sebagai calon PPS, namun masih ada Desa yang belum memenuhi kebutuhan kuota yakni duakali kebutuhan.,”tuturnya

Ia kembali menjelaskan, Calon PPS setiap Desa Dua kali kebutuhan, maksudnya dibutuhkan setiap Desa jumlahnya 3 orang di kali 2, sehingga 6 orang minimal yang mendaftar setiap Desa.,”jelas Ketua KPUD Nisel.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya akan menyurati pihak-pihak, Kampus, Instansi Pemerintah, Dinas Pendidikan untuk membantu kita, dan apabila sampai batas yang ditentukan tidak ada pelamar, maka yang ada kita tetapkan.,”ucap Repa

Dari 459 yang ada di Kabupaten Nias Selatan, Ada 31 Kecamatan di 104 Desa yang belum memenuhi kuota, kemudian, setelah tiga hari dan juga belum ada yang mendaftar di Desa yang belum memenuhi kuota tersebut, Panitia akan melanjutkan tahapan Seleksi berikutnya,. Yaitu, Tes tertulis dan wawancara, sedangkan materi ujian seleksi calon PPS ini, diambil dari lintas pemilu sendiri.

Beberapa Kecamatan dan Desa yang diperpanjang tersebut, diantaranya : Kecamatan Onolalu Desa Hilinamozaua Raya, Kec. Lahusa Desa Hiliorudua dan Desa Oikhoda Balaekha, Kec. Toma Desa Hilisoromi, Kec. Somambawa Desa Sinar Susua, Kec. Siduaori Desa Naai dan Desa Umbu Sohahau, Kec. Luahagundre Maniamolo Desa Lagundri, Kec. Amandraya Desa Lolozaria, Desa Lolomoyo, dan Desa Tuhemberua Amandraya, Sebutnya!

Selanjutnya, Kec. Aramo Desa Hume, Desa Hilisawato, Desa Balohao, Desa Hiligafoa, Desa Hiliadolowa, dan Desa Hiligumbu, Kec. Ulususua Desa Orahili Fondako, Kec. O’O’U Desa Hiliorodua, Kec. Lolowau Desa Lolofaoso, Desa Samiri, Desa Nituwuboho, Kec. Hilisalawa’ahe Desa Anaoma, Desa Beruasiwalawa, Desa Hiligodu, Desa Maluo, Desa Umbuasi Barat, Kec. Hilimegai Desa Soledua, Desa Hilitoese, Kec. Onohazumba Desa Tetehosi, Kec. Huruna Desa Bawohosi Huruna, Desa Hilimanawa, Desa Luahamofakhe, Desa Sifaoroasi, Desa Sifaoroasi Huruna, Desa Sisarahili Huruna, dan Desa Tundrumbaho.

Berikutnya, Kec. Lolomatua Desa Hiliotalua, Desa Tesikhori, Desa Tumari, Desa Botohili Duria, Desa Caritas Sogawuasi, Kec. Ulunoyo Desa Ambukha I, Desa Borowosi, Kec. Mazo Desa Tafulu, Kec. Susua Desa Dao – Dao Zanuwo, Desa Orahili Boe, Kec. Umbunasi Desa Sifaoroasi Mola, Desa Balohili Mola, Desa Toubalo, Desa Hilibadalu, Desa Orlin, Desa Orahili Mola, Desa Umbunasi,Kec. Idanotae Desa Orahua, Desa Harefa Orahua, Desa Hiligabungan, Kec. Ulu Idanotae Desa Lolozukhu, Desa Sisiwaewali, Desa Silima Banua Umbunasi, Kec. Boronadu Desa Orsedes, Desa Siholi, Desa Tuhegafoa, Desa Perjuangan, Desa Lewa -Lewa.

Sementara Kec. Pulau – Pulau Batu Desa Hilimaodula, Desa Rapa – Rapa Melayu, Desa Sinauru, Desa Koto, Kec. Pulau -Pulau Batu Timur Desa Adam, Desa Bais Baru, Desa Bais, Desa Labara, Desa Labuan Rima Baru, Desa Labuan Rima, Desa Labuan Bajo, Desa Labuan Hiu, Desa Lambak, Desa Mahalabara, Kec. Pulau – Pulau Batu Barat Desa Bawolawindra, Desa Bintuang, Desa Fuge, Desa Hilizamorugo Tano, Desa Luaha Nidano Pono, Desa Sibaranun, Kec. Pulau – Pulau Batu Utara Desa Wawa.

Dan Untuk Kec. Tanah Masa Desa Bawo Analita Saeru, Desa Jeke, Desa Makole, Kec. Simuk Desa Gobo, Desa Godria, Desa Maufa, Desa Silina Baru, Kec. Hibala Desa Duru, Desa Lumbui Melayu, Desa Hiliarudua Tebolo, Desa Tebolo Melayu dan Desa Hilifaese.

Diberitakan sebelumnya bahwa pada hari Senin 24/02 Pendaftaran calon PPS telah di tutup pada pukul 00.00Wib. dan hari ini kembali di perpanjang sampai tanggal 27 Februari 2020.(Suasana H.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed