oleh

Sempat Viral dimedsos PNS Berstatus DPO, Ini Penjelasan Kaban BKD Nisel

NISEL-SUMUT| wartaposgroup.co.id Sempat Viral di Medsos seorang DPO yang juga berstatus sebagai PNS, diduga terlibat dalam kasus pembunuhan yang terjadi 21 Maret 2017, 3 Tahun yang lalu, dalam postingan itu ada kalimat “Aneh benar Kaban BKD Nias Selatan Anarota Ndruru sepertinya melindungi oknum PNS yang berstatus DPO selama 4 tahun” akun Facebook Sampri Sihura.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Nisel, Anarota Ndruru kepada wartawan dikantornya Jalan Arah Sorake Km.5 Teluk Dalam, Kamis, 10/07/2020 mengatakan, soal status Bazohahau Laia sebagai PNS, itu sedang proses pemecatan secara hormat, saat ini dalam proses eksaminasi di bagian Hukum, dan mungkin minggu depan kita akan tahu hasilnya setelah Pak Bupati menandatanganinya.,”ucap Ndrur

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa status Bazohahau Laia sebagai, “Dalam Pencarian Orang (DPO) di Polres Nisel, pihaknya belum dengar soal itu, tentu kita juga tidak berani mengatakan dia buronan, ketika tidak ada surat pihak kepolisian, “gak berani.,”jelas Anarota.

Kata dia, pihaknya baru tahu bahwa Bazohahau Laia bertatus DPO setelah ada surat dari pihak Polres Nisel bulan mei 2020 kemeren.,”tuturnya kepada Media.

Sambung dia, Bazohahau Laia itu sebenarnya awalnya diproses oleh kepala unit kerjanya, yaitu Camat Lahusa, setelah itu dinaikan ke Sekda, baru ditindak oleh Camat, lalu kemudian dilaporkan kepada Bupati melalui BKD, kemudian, dibentuk Tim yang diketuai oleh Inspektur dan sekretarisnya adalah Kaban BKD baru dilaksanakan.,”jelasnya.

Menurut dia, soal pembayaran gaji Bazohahau Laia beberapa tahun ini, “PNS baru tidak dibayarkan gajinya ketika sudah ada putusan pengadilan yang inkrach, yang menyatakan yang bersangkutan divonis bersalah dan di tuntut hukuman, mungkin 2 tahun penjara dan dipecat dari PNS., itu prosesnya.

Lanjut Kaban, bilamana nanti hanya dituntut 2 tahun penjara, tapi tidak dipecat, gajinya dipotong 50 %, karena ini adalah kasus kriminal (Pidana Umum), tetapi kalau korupsi, itu pidana khusus (Pidsus) 1 hari saja dipenjara kalau ada inkrach ya dipecat dari PNS.,”tandasnya.

Sebagai Dasar Pemerintah Daerah memproses status Bazohahau Laia PP. No. 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil ( PNS), dan ini harus berdasarkan laporan Camat Lahusa.,”ucap Anarota Ndruru sambil mengakhiri.(Suasana H.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed