oleh

Tahun ini Pemda Nisel Tata Kota Telukdalam

Tahun ini Pemda Nisel Tata Kota Telukdalam

NISEL-SUMUT|wartaposgroup.co.id Pelaksanaan Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Nias Selatan sedikit berbeda, untuk Tahun Anggaran 2019 ini tidak hanya difokuskan di beberapa wilayah pelosok saja, “namun Pemerintah Daerah Nias Selatan dibawah Kepemimpinan Bupati Dr. Hilarius Duha, SH.,MH. dan Wakil Bupati Sozanolo Nduru, kali ini juga fokus pada sejumlah pembangunan infrastruktur di Kota Telukdalam sebagai Ibukota Kabupaten Nias Selatan.

Kadis PUPR Erwinus Laia  mengatakan, penataan kota Telukdalam akan dilanjutkan dimana pada tahun sebelumnya juga sudah dimulai dengan penataan Jalan Diponegoro depan Pasar Amerika.

“Lalu tahun ini sudah kita anggarkan lanjutan penataan kota Telukdalam termasuk pelebaran jalan, yaitu peningkatan jalan, rehabiltasi jalan, pembangunan drainase.  anggarannya bersumber dari DAK, DAU dan DBH Tahun Anggaran 2019,”tandasnya.

Hal itu dikemukakan Kadis PUPR Kabupaten Nias Selatan Erwinus Laia, S.Sos.,MM.,MH didampingi para Kepala Bidang, Kepala Seksi dan staf saat menggelar temu pers di Aula Kantor Dinas PUPR, Jalan Saonigeho Telukdalam, Sabtu, 15/6/2019.

Selanjutnya, Jalan Ahmad Yani juga akan diperlebar sekitar 10 meter dan warga sekitar jalan tersebut juga telah sepakat. selain Jalan Ahmad Yani, Jalan Saonigeho juga akan diperlebar mengingat arus lalu lintas di Daerah itu sudah mulai padat dan terkadang macet.

“Memang Jalan Saonigeho termasuk jalan nasional namun Pemerintah Daerah akan mengusulkan ke Pemerintah Pusat melalui Balai Jalan Nasional agar jalan tersebut di perlebar, sehingga dapat memperlancar arus lalu lintas. Namun semua itu butuh proses dengan didahului dengan sosialisasi dan pendekatan kepada warga sekitar jalan tersebut. terutama dalam hal pembebasan lahan. mudah-mudahan program itu dapat terlaksana secepatnya,”tuturnya.

Ia kembali menjelaskan, Pemerintah Daerah Nisel terus berkomitmen untuk membangun berbagai infrastruktur secara bertahap muaranya demi peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

Ia juga mengajak para wartawan dan LSM  untuk selalu mengawasi setiap pengerjaan proyek di Dinas PUPR Nisel sehingga pengerjaannya berkualitas sebagaimana yang diharapkan bersama.

Menurut dari data pengadaan barang dan jasa untuk Dinas PUPR Nisel yang dibagikan kepada wartawan, ada sejumlah paket proyek yang sudah di lelang untuk dikerjakan tahun 2019 di sekitar wilayah Kota Telukdalam yakni, Lanjutan penataan jalan ibukota Kabupaten Nias Selatan, peningkatan jalan Baloho Indah Telukdalam, rehabilitasi jalan dari jalan nasional menuju Maranatha Nari-nari, rehabilitasi jalan di depan Rumah Dinas Bupati menuju Gereja BKPN, rehabilitasi jalan dari jalan Propinsi menuju Gereja Katolik Telukdalam, rehabilitasi jalan dari jalan baru menuju Poskesdes Hilitobara, rehabilitasi jalan dari simpang jalan nasional menuju Desa Hilisondrekha, rehabilitasi jalan dari jalan nasional menuju Desa Bawolowalani I, rehabilitasi jalan dari simpang jalan nasional menuju SMAS Bintang Laut.

Lalu, semenisasi jalan di jalan Anuleta DHI dari jalan Sudirman menuju jalan baru Telukdalam, semenisasi  jalan lingkungan Hilimarine DHI dari jalan Sudirman menuju jalan baru Telukdalam, semenisasi jalan dari jalan Pasir Putih menuju Pasar Korea, semenisasi  jalan dari TPI menuju Hilibatu, semenisasi dari jalan Pramuka menuju Tower Radio Jiwa, semenisasi jalan dari SMK Dharma Kasih-Pasar Korea.

Selanjutnya, pembangunan Drainase di Kota Telukdalam, dan penataan Drainase di ruas jalan menuju Perumahan Yofe Telukdalam. (suasana h)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed